model atasan batik sutera yang keren apa yaa??? mmm…

saya sedang mencari model atasan batik sutra buat seragam keluargaa..

mmm…masih bingung siii nentuin model yg trendi gimana yaa???
soo…baru dapat link disinii… :))
Motif. Berbagai motif batik sutra yang diperagakan pada Kriya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel, di CCC, baru-baru ini.
Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri seperti di Sulsel, ada hasil seni lokal yang mencerminkan budaya suku Bugis, Makassar, dan Toraja. Salah satunya batik yang berbahan dasar sutra yang keberadaannya kini mulai tergantikan.
Batik sutra merupakan hasil karya Sulsel yang sudah diakui oleh berbagai negara luar dan menjadi salah satu hasil karya seni tertua di dunia.
Salah seorang pakar budaya dan pemerhati batik sutra, Drs Azikin Azis saat pesta kriya Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel, di CCC baru-baru ini mengatakan, batik sutra memiliki banyak motif yang menjadi ciri khas Sulsel.
“Diantara semua motif itu, yang paling terkenal yakni bala sugi, talenta puang, dan labba cora untuk jenis sarung. Ini semuanya bisa menjadi kebanggaan masyarakat Sulsel,” tambahnya.
Namun, keberadaannya kini mulai tergantikan dan hampir terlupakan. Banyak masyarakat Bugis Makassar yang tidak lagi tertarik dengan batik sutra ini. Tapi di tangan seorang disainer kondang, Oskar Lawalata, batik dari bahan sutra itu menjadi pakaian yang trend.
“Sebenarnya batik sutra itu bisa dijadikan semua jenis pakaian. Tapi kalau dibuat sebagai pakaian adat seperti baju bodo akan sangat menarik dan mengembalikan kelestarian pakaian adat Sulsel,” kata Oskar.
Seperti juga dikemukakan Ketua Dekranasda Sulsel, Drg Hj UllyAyunsri Harahap Sahrul YL dalam sambutannya, melalui bebagai kegiatan dan pekan budaya dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kelestarian butik sutra di Sulsel.
“Sebagai masyarakat Sulsel harusnya bangga dengan butik sutra sebagai peninggalan nenek moyany kita. Sebaiknya batik sutra dapat dijadikan bahan pembuatan pakaian, baik untuk acara resmi maupun acara santai,” kata Hj Ully. (Sari Ulfah)

adaa jugaa model ginii nih…tapii kok kurang simple yaa…

ini model batik sutra di kota surabayaa.. :)

About these ads

~ oleh lhytalithaok pada Januari 17, 2010.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: